Hanya 5 menit bongkar 3 rahasia public speaking

Hanya 5 menit bongkar 3 rahasia public speaking

Halo sahabat YCA Indonesia bagaimana kabarnya hari ini? semoga dalam keadaan sehat semua ya. Kali ini YCA Indonesia akan berbagi informasi mengenai 3 rahasia jago public speaking

Kemampuan berbicara didepan umum adalah kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja maupun dunia Pendidikan. Dimana kemampuan berkomunikasi ini akan mempermudah kamu dalam mencapai goals yang di inginka karena dengan memiliki kemampuan public speaking kamu akan terlihat lebih percaya diri dalam menyampaikan ide dan gagasan yang berpengaruh penting bagi dunia kerja maupun Pendidikan.

Menariknya apapun profesi yang ingin kamu kejar maka sebagai pintu awal pembukanya adalah kemampuan berkomunikasi, dengan kemampuan berkomunikasi kamu bisa mengambil setiap peluang yang banyak memberikan tawaran. Oleh karena itu jangan biarkan kesempatan itu berakhir hanya karena kemampuan komunikasi kamu yang masih kurang baik.

Saat ini tidak perlu khawatir lagi jika masih kurang percaya diri dalam public speaking, kami ada solusinya untuk kamu yang membutuhkan informasi ini.

Berikut 3 rahasia public speaking yang harus kamu ketahui

1. Persiapan

Hanya butuh waktu 5 menit bongkar 3 rahasia public speaking

Sebelum melakukan public speaking maka hal yang perlu diperhatikan pertama adalah persiapan. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari persiapan diri sendiri, dimana kamu sehat secara jasmani dan mental dalam keadaan baik. Karena ini akan mempengaruhi intonasi, gestur, dan pola pikir ketika berbicara.

Badan yang tidak sehat akan membuat kamu tampil kurang maksimal karena power dari suara dan intonasi menjadi melemah tidak seperti badan pada saat sehat. Oleh karena itu, sudah saatnya memperhatikan diri sendiri sebelum tampil, menjaga badan tetap sehat dengan tidur yang cukup.

Selain itu persiapan materi juga sangat penting dimana kamu benar-benar harus menguasai point-point penting dari materi yang akan kamu sampaikan. Jangan terlalu melebar kemana-mana dalam menyampaikan materi. Berikan Batasan pada permasalahan yang akan kamu bahas.

Materi yang menarik adalah materi yang memiliki point penting yang bisa di ingat audience setelah mereka pulang dari kegiatan. Kamu sebagai speaker memiliki Amanah bagaimana materi yang disampaikan mudah untuk dipahami dan dingat meskipun kegiatan sudah berakhir.

2. Membangun Interaksi dengan Audience

Hanya butuh waktu 5 menit bongkar 3 rahasia public speaking

Dibeberapa acara seminar maupun webinar sering kali kita melihat pembicara yang sangat fokus pada penyampaian materinya. Saking fokusnya seorang speaker sering kali lupa mengajak audience berinteraksi. Sehingga suasana seminar atau webinar terasa menegangkan dan kaku. Pembicara yang baik mampu membangun suasana yang asik dan menarik. Suasana yang kaku dan menegangkan bisa membuat audience mengantuk.

Saat ini juga kamu tidak perlu bingung bagaimana cara membangun interaksi dengan audience, kamu bisa membangun interaksi dengan cara memberikan pertanyaan kepada mereka dan minta audience untuk menjawab pertanyaannya, tidak hanya itu kamu juga bisa membangun interaksi dengan cara membuat lelucon yang bisa di angkat dari sebuah cerita lucu.

Selain dua cara di atas kamu juga bisa memilih beberapa cara di bawah ini:

  • Memfalidasi jawaban dari audience
  • Menyebut nama audience pada saat menjelaskan atau memberikan contoh
  • Memberikan apresiasi kepada audience yang bisa menjawab pertanyaan
  • Memberikan challenge apa saja yang masih berhubungan dengan materi yang akan kamu sampaikan
  • Memberikan ice breaking di tengah-tengah penyampaian materi

Dari beberapa cara di atas yang perlu kamu ingat bahwa apa saja yang dilakukan untuk membangun suasana agar tidak kaku dan tegang di ruangan, sebisa mungkin tetap masih ada sangkut pautnya dengan materi yang di sampaikan.

3. Closing yang Menarik

Hanya butuh waktu 5 menit bongkar 3 rahasia public speaking

Seberapa bagusnya materi yang disampaikan akan jauh lebih mengesankan ketika kamu bisa membuat closing yang menarik.

Selama penyampaian materi yang panjang audience akan kesulitan mengingat semua materi yang dijelaskan dari awal sampai akhir. Untuk itu closing disini berperan penting untuk memberikan review materi secara singkat yang kamu sampaikan di awal tadi, yaitu berupa closing statement yang isinya kesimpulan dan motivasi yang berhubungan dengan isi dari materi yang sudah di sampaikan.

Selain closing statement yang berisi kesimpulan kamu juga bisa menutup pembicaraan dengan teknik berpantun. Karena dalam penyampaian pantun bisa saling sahut menyahut dengan audience itulah yang akan membuat ruangan menjadi ramai.

Dengan closing yang menarik kamu bisa mencuri perhatian audience, dan akan dikenal sebagai orang yang professional dan sukses menjadi speaker.

Jangan lupa untuk mempraktikkan tiga point di atas, dan bagi kamu yang ingin master di bidang Public Speaking temukan bermacam-macam Teknik Public speaking di Lembaga pelatihan YCA Indonesia.

Baca Juga :Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah Jangan Lakukan Hanya 5 menit bongkar 3 rahasia public speaking. semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Gabung Sekarang Kelas Public Speaking

Menjadi seorang yang ahli dibidang Public Speaking tentunya akan memudahkan kita untuk mencapai karir yang cemerlang. Karena tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, bahkan ada yang merasa bahwa pada saat mereka berbicara di depan umum merasakakan tidak enak badan, keringat dingin dan jantung berdebar-debar. Karena untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum membutuhkan skill atau kemampuan yang harus dilatih maka teropongpengetahuan akan memberikan rekomendasi kelas public speaking yang cocok sahabat semua ikuti.

Manfaat jika mengikut kelas ini :

1.Bayar hanya sekali.

2.Garansi mengulang GRATIS sampai bisa.

3.Tergabung di grub ekslusif dengan lingkungan yang positif.

4.Memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga pelatihan.

5.Mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator di lembaga pelatihan.

6.Jenjang karir akan meningkat.