jenis komunikasi

ADA 3 JENIS KOMUNIKASI MENURUT JALAN INFORMASI

ycatraining.com – Hai teman teman semua, apa kabar ? semoga dalam keadaan sehat selalu ya.Pada kesempatan ini kami dari ycatraining akan berbagi materi tentang jenis k0munikasi dan tujuannya. Oleh karena itu mari kita simak bersama-sama penjelasan berikut.

KENALI JENIS KOMUNIKASI MENURUT JALAN INFORMASI

 

Komunikasi berdasarkan jalan informasinya. Sebagai berikut :

1. Jenis Komunikasi ke Atas

Komunikasi ke atas adalah bentuk komunikasi yang terjadi dari bawahan ke atasan dalam sebuah organisasi atau lembaga tertentu. Contohnya : anggota dengan ketua.

2. Jenis Komunikasi ke Samping

Komunikasi ke samping merupakan bentuk penyampaian informasi yang terjadi di antara 2 orang atau lebih dengan kedudukan sejajar dalam sebuah lembaga atau organisasi tertentu. Contohnya : ketua divisi A menyampaikan informasi ke ketua divisi B

3. Jenis Komunikasi ke Bawah

Komuniksai ke bawah adalah bentuk penyampaian informasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan. Contohnya : anggota dengan ketua.

TUJUAN KOMUNIKASI SECARA UMUM

 

1.Menemukan

Tujuan komunikasi yang paling dasar adalah menemukan, maksudnya menemukan sesuatu yang kita perlukan dalam berkomunikasi. Menemukan jati diri, menemukan informasi yang penting, dan semacamnya. Dengan komunikasi kita akan belajar memahami bagaimana diri kita dan lawan bicara. Dengan terjalinnya suatu komunikasi kita jadi tau informasi yang sebelumnya tidak kita ketahui misalnya letak suatu cafe atau resto yang bagus, jadwal olahraga, letak tempat-tempat hiburan yang bisa kita datangi, dan informasi lainnya.

3.Menjaga hubungan baik

Komunikasi terjadi antara dua orang atau lebih sehingga muncul adanya suatu hubungan baru yang terjalin saat berkomunikasi. Misalnya saja jika anda berkomunikasi dengan keluarga yang letak rumahnya berjauhan maka akan meningkatkan kedekatan hubungan anda. Jika anda sedang berada di suatu perjalanan, tidak akan ada percakapan atau perkenalan jika tidak dimulai dengan komunikasi. Namun, agar tujuan ini berjalan dengan lancar, anda harus menghindari miss komunikasi, kesalahpahaman, dan lain-lain antar dua belah pihak atau lebih.

3.Meyakinkan

Komunikasi juga dilakukan dalam upaya untuk meyakinkan seseorang akan pesan yang kita sampaikan misalnya saja sebuah media massa yang berupaya meyakinkan kita untuk membeli produk yang mereka iklankan. Cara meyakinkan konsumen ini memang sengaja dilakukan oleh penjual untuk mendapatkan profit dari hasil penjualan produk tersebut. Contoh lainnya yaitu seorang guru yang menyampaikan pesan kepada muridnya untuk meyakinkan mereka mengenai kebenaran atas apa yang Guru ajarkan atau sampaikan.

4.Mendapat hiburan

Hiburan sangat penting kita dapatkan saat perasaan atau pikiran sedang dalam keadaan tidak baik, hiburan ini bisa anda dapatkan dari terjalinnya sebuah komunikasi. Misalnya dengan menjalin komunikasi dengan teman, sahabat atau keluarga dengan cara bersenda gurau atau mencurahkan hati. Kita juga bisa membicarakan banyak hal yang menyenangkan dengan mereka misalnya membicarakan tentang hobi masing-masing, tentang film, tentang musik, dan lain sebagainya.

5.Memberikan informasi penting

Tujuan komunikasi lainnya yaitu untuk memberikan suatu informasi yang penting baik kepada pribadi atau personal maupun kepada khalayak ramai. Informasi penting tersebut isinya bisa bermacam-macam misalnya saat kita memberitahu teman/sahabat acara ulang tahun atau pernikahan kita. Sedangkan informasi yang kita berikan pada orang banyak misalnya tentang jadwal gotong royong di suatu daerah tempat tinggal.

6.Mendidik

Mendidik di sini bermaksud untuk menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu misalnya melakukan suatu kegiatan positif. Dalam hal ini komunikator harus memiliki cara yang baik dan tepat dalam mendorong orang lain melakukan sesuatu yang bermanfaat, dan bagaimana setiap komunikan menerima pesan tersebut sehingga mau melakukan kegiatan yang diusulkan atau diminta oleh komunikator.

7.Mengubah opini masyarakat

Dalam mengubah pandangan atau opini seseorang memang menjadi hal yang agak sulit dalam berkomunikasi. Karena tidak setiap orang bisa menerima opini atau pendapat yang berbeda dari yang mereka miliki. Namun inilah yang dinamakan tujuan dalam berkomunikasi, yaitu bisa menyamakan pendapat atau mengubah opini yang sudah terlanjur muncul di masyarakat. Tugas seorang komunikator dalam mengubah opini atau pandangan yang salah dalam masyarakat harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kecurigaan atau rasa tersinggung dari komunikan.

Baca Juga : 3 Jenis Komunikasi Efektif

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah 3 jenis komunikasi menurut jalan informasi semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.