5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

Halo sahabat YCA Indonesia bagaimana kabarnya hari ini? semoga dalam keadaan sehat semua ya. Kali ini YCA Indonesia akan berbagi informasi mengenai 5 Langkah yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

Membuat keputusan terlihat gampang-gampang susah, karena kebanyakan dari kita sering merasa overthinking setelah memutuskan sesuatu seolah-olah keputusan tersebut masih kurang tepat. Padahal semua keputusan adalah hasil dari sekian banyak pilihan yang sudah kita pikirkan terlebih dahulu.

Banyak orang diluar sana mengatakan seorang yang bijak adalah mereka yang mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Dimana mereka mampu memilih dan memutuskan mana yang akan menjadi prioritas dan mana yang bukan prioritas. Seorang bijak mampu berada pada posisi netral antara logika dan perasaan sehingga tidak akan terjebak dalam pengambilan keputusan berdasarkan emosi yang tidak tepat.

Untuk mengurangi perasaan bersalah atau overthinking setelah mengambil sebuah keputusan kita bisa lakukan 5 cara di bawah ini yang bisa menjadi pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan.

1. Melihat Permasalahan dari Sudut Pandang Berbeda

Sebelum memberi sebuah kesimpulan yang akan dilakukan dalam menghadapi sebuah masalah, sudah sebaiknya kita perlu melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang berbeda-beda karena setiap masalah yang kita hadapi bisa memberikan pelajaran berharga bagi diri kita maupun orang banyak.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk dapat melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang yang berbeda-beda adalah dengan cara melihat masalah dari tiga sisi pertama posisi kita sebagai yang mengalami masalah, kedua sebagai orang yang hanya sekedar mengetahui permasalahan, ketiga sebagai orang yang tidak ada sangkut pautnya dengan permasalahan tersebut. Dari ketiga sisi tesebut kita bisa melihat masing-masing sisi positif dan negatifnya.

Menurut pepatah “Bisa jadi kehidupan yang saat ini kita keluhkan adalah kehidupan yang sedang menjadi impian orang lain”. Kadang hal sepeleh seperti hujan yang membuat kita kesal adalah harapan orang lain yang sedang menantikan hujan, bisa jadi karena adanya hujan mereka bisa meraup rezekinya.

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

2. Mencari Perbandingan

Setelah melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda kita juga bisa mencari perbandingan antara masalah yang sedang kita hadapi dan masalah yang sudah pernah kita lalui. Meskipun memiliki konteks yang berbeda setidaknya kita bisa memilih dan memilah sebaiknya sikap apa yang sebenarnya kita ambil ketika diperhadapkan kondisi terdesak yang tidak mengenakan.

Dengan mencari perbandingan kita juga akan merasa percaya diri bahwa kita adalah orang yang kuat dan sudah melewati banyak situasi sulit dalam hidup. Ketika kepercayaan diri meningkat maka kita akan jauh merasa berdaya di segala kondisi yang dihadapi.

Sahabat YCA bisa membayangkan apa jadinya ketika kita belum pernah di benturkan dengan berbagai masalah, tentunya tidak akan ada pengalaman yang bisa menjadi tolak ukur.

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

3. Meminta Saran dari Orang Terdekat

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

Meminta saran dari orang terdekat merupakan salah satu pilihan yang bisa kita lakukan dalam mengambil keputusan karena hanya orang terdekatlah yang benar-benar mengetahui keadaan dan perjalanan hidup kita. Dengan meminta saran kepada Ibu, bapak, kakak, adik, atau pasangan akan mengurangi beban pikiran kita, jika seandainya apa yang kita lakukan akan bertolak belakang dengan keinginan banyak orang. Setidaknya ada keluarga yang bisa mendukung secara penuh apapun hasil akhirnya.

Saran yang baik, adalah saran yang tidak banyak beresiko kepada orang banyak atau orang-orang yang kita cintai. Sehingga perlu sekali mempertimbangkan segala saran yang masuk dalam keadaan tersebut sebelum memutuskan segala sesuatunya.

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

4. Mengatur Emosional

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

Dalam keadaan terdesak tentunya pikiran kita tidak bisa berfikir jernih sudah seharunya kita meredam gejolak emosi yang sedang kita rasakan pada saat itu juga. Setiap orang akan mendapatkan respon yang berbeda-beda dari otaknya. Ada yang langsung merespon dengan emosi amarah, ada yang merespon dengan emosi sedih, atau mungkin ada yang bingung dengan perasaannya sendiri tidak jelas dalam memberikan respon.

Pengendalian emosional yang baik akan mencerminkan sikap dewasa seseorang untuk itu sudah sebaiknya kita belajar bagaimana bisa menurunkan ego dan tidak tersulut oleh emosi pada saat tertekan maupun terdesak. Karena dengan emosi yang tidak terkendali bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

5. Yakin dengan Pilihan

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

Dari empat point di atas yang tidak kalah penting yang harus kita lakukan adalah yakin dengan pilihan yang sudah kita ambil, karena dengan adanya keyakinan ini akan membuat kita jauh lebih tenang. Jangan lupa tetap berdo’a yang terbaik kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pemilik segalanya.

Hal yang menjadi point utama yang harus kita ketahui adalah bahwa keputusan yang kita ambil pada saat itu adalah keputusan yang terbaik diantara yang terbaik pada saat itu juga sehingga tidak perlu merasa bersalah atau sedih jika sewaktu-waktu banyak yang menentangnya.

Kalau kata Morgan Housel “Tidak Ada Yang Sebaik Dan Seburuk Tampaknya”. Semua sudah diatur sesuai dengan porsinya masing-masing, baik menurut kita belum tentu menurut orang lain baik juga dan baik menurut orang lain belum tentu cocok atau sesuai untuk kita.

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

Baca Juga :Hanya 5 menit bongkar 3 rahasia public speaking

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah 5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan. semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Gabung Sekarang Kelas Public Speaking

Menjadi seorang yang ahli dibidang Public Speaking tentunya akan memudahkan kita untuk mencapai karir yang cemerlang. Karena tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, bahkan ada yang merasa bahwa pada saat mereka berbicara di depan umum merasakakan tidak enak badan, keringat dingin dan jantung berdebar-debar. Karena untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum membutuhkan skill atau kemampuan yang harus dilatih maka teropongpengetahuan akan memberikan rekomendasi kelas public speaking yang cocok sahabat semua ikuti.

Manfaat jika mengikut kelas ini :

1.Bayar hanya sekali.

2.Garansi mengulang GRATIS sampai bisa.

3.Tergabung di grub ekslusif dengan lingkungan yang positif.

4.Memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga pelatihan.

5.Mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator di lembaga pelatihan.

6.Jenjang karir akan meningkat.