4 Cara Membangun Aktivitas Produktif

4 Cara Membangun Aktivitas Produktif

ycatraining.com Halo sahabat YCA Indonesia bagaimana kabarnya hari ini? semoga dalam keadaan sehat semua ya. Kali ini YCA Indonesia akan berbagi informasi mengenai 4 Cara Membangun Aktivitas Produktif

Sebuah pepatah mengatakan “Bisa karena terbiasa”, siapa nihh yang tidak mengenal pepatah ini? pastinya sudah pada tahu semuakan! Pepatah yang satu ini sangat menggambarkan sebuah aktivitas jika dilakukan berulang-ulang akan memberikan dampak yang luar biasa.

Mengapa demikian? Karena aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang akan membentuk kebiasaan, baik itu kebiasaan positif maupun negatif. Dan lebih power full lagi ternyata, ini bisa berpengaruh terhadap kehidupan masa depan kita nanti lho!

Setiap orang tentunya menginginkan kebiasaan positif bisa terinstall secara otomatis dalam dirinya, mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali. Tapi ingat, tidak semua orang berusaha untuk membangun kebiasaan tersebut. Artinya masih banyak sekali orang diluar sana belum menyadari pentingnya kebiasaan positif untuk menjadikan kita disiplin dan siap menjadi orang sukses.

Sahabat YCA sudah tahu belum? Kebiasaan positif biasa dikenal dengan Aktivitas produktif. Yaitu sebuah kegiataan yang dilakukan dan bisa memberikan dampak positif bagi kesuksesan seseorang.

Saya yakin dan percaya kita semua menginginkan kesuksesan dimasa depan, untuk itu mari kita simak 4 cara membangun aktivitas produktif.

1. Menentukan Goals

4 Cara Membangun Aktivitas Produktif

“Tujuan yang jelas akan mengantarkan kamu pada rencana, sedangkan tujuan yang detail akan mengantarkan kamu pada langkah awal dalam mencapai target yang sudah kamu rencanakan”.

Dengan adanya goals yang akan kita gapai, hal ini akan menjadi bahan bakar atau alasan mengapa kita harus terus menerus bergerak untuk melakukannya.

Bayangkan jika suatu kendaraan kehabisan bahan bakar apakah kita bisa tetap melanjutkan perjalanan menuju tempat yang kita inginkan? Tentunya tidak bukan, oleh karena itu menentukan goals sangat penting dimana ini yang akan membuat kamu terus bersemangat dalam melakukan aktivitasmu.

Dalam menentukan goals sebenarnya tidaklah begitu sulit yang perlu kita pikirkan kita ingin menjadi orang yang bagaimana dimasa depan nanti. Apakah menjadi orang yang biasa-biasa saja atau ingin menjadi orang yang luar biasa. Dari goals besar tersebut bisa kita buat secara detail, dengan menuliskan map atau peta perjalanan menuju apa yang yang ingin kita ingin gapai.

Sampai sini sudah kebayang bukan? Silahkan siapkan buku harian yang bisa kamu gunakan untuk menulis mimpi-mimpi apa saja yang akan kamu capai, peta perjalanan, aktivitas yang menunjang mimpi, usia berapa, serta dengan kendaraan apa kamu akan menggapainya. Apakah lewat jalur Pendidikan formal atau bahkan Pendidikan nonformal.

Mindset yang tepat merupakan pondasi yang kuat sebagai motivasi dalam produktivitas yang akan kita lakukan nantinya. Seberapa konsistennya kita dalam melakukannya akan di tentukan seberapa besar alasan yang sudah kita tanamkan dalam diri.

4 Cara Membangun Aktivitas Produktif

2. Membuat Perencanaan

Setelah menentukan goals yang akan kita capai, selanjutnya kita menentukan kapan akan memulai aktivitas yang menunjang tercapainya goals tersebut. Misalnya ketika kita ingin lulus masuk PTN, berarti hal yang sebaiknya kita lakukan setiap hari adalah belajar dengan memiliki target berapa banyak materi yang wajib dikuasai sebelum jadwal seleksi dimulai.

Dalam membuat rencana untuk membangun aktivitas produktif sebenarnya tidak begitu sulit ini hanya tergantung goals apa saja yang ingin kita capai. Misalnya ketika kita ingin memiliki kemampuan berfikir kritis berarti hal yang sebaiknya kita lakukan adalah membiasakan membaca buku setiap hari dengan durasi minimal 15 menit. Besarnya suatu hal yang ingin kita capai berbanding lurus dengan usaha yang harus kita berikan.

Pada saat membangun aktivitas produktif masih banyak orang yang belum bisa konsisten untuk melakukannya sehingga selalu gagal dalam mencapai tujuan yang di inginkan. Saya teringat sebuah kutipan dari seorang penulis buku psychology of money “Berencana itu penting, tapi bagian terpenting tiap rencana adalah merencanakan rencana yang tak berjalan sesuai rencana”.

Dari kutipan diatas kita bisa memahami bahwa bagaimana cara kita agar rencana yang sudah kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan konsisten, kita melakukan kegiatan tersebut di waktu yang sama di setiap hari.

4 Cara Membangun Aktivitas Produktif

3. Berani Eksekusi

4 Cara Membangun Aktivitas Produktif

1 langkah awal akan mengantarkan kita pada 1000 langkah berikutnya oleh karena itu hal yang tidak kalah penting dalam membangun aktivitas produktif adalah dengan berani memulai. Mungkin selama ini kita menganggap itu semua berat sulit untuk dilakukan. Namun sebenarnya kadang yang sulit itu bukan cara yang dilakukan tetapi pikiran kitalah yang terlalu mempersulit segala sesuatunya.

Dengan berani memulai berarti kita berani menerima tantangan serta berani berbeda, hingga akhirnya kita berani mencapai kesuksesan. Kebanyakan orang yang gagal dalam memulai biasanya disebabkan oleh terlalu lama berfikir dalam menentukan apa yang sebaiknya dilakukan. Hal positif dan negative juga sering kali menjadi pertimbangan mereka.

4 Cara Membangun Aktivitas Produktif

4. Evaluasi Aktivitas

Perubahaan yang terukur adalah perubahan yang kita ketahui sudah sejauh mana proses yang kita lakukan. Untuk itu jangan lupa untuk memberikan evaluasi terhadap aktivitas yang telah kita rencanakan. Sudah sejauh mana kesuksesan dalam mencapai hal tersebut. Jika diberi angka 10-100 kira-kira kita berada di angka berapa.

Setelah melakukan evaluasi, perlu sekali kita menganalisis apa penyebab aktivitas tersebut belum bisa maksimal. Hal apa saja yang kemungkinan dapat mengalihkan fokus kita dalam mencapai hal konsistensi membangun aktivitas produktif. Dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tersebut kita bisa mengetahui apa saja kendala dan solusi yang bisa kita lakukan. Agar kedepannya lebih baik lagi untuk melakukan perubahan yang signifikan.

4 Cara Membangun Aktivitas Produktif

Baca Juga : 5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah 5 Langkah Yang Tepat Dalam Membuat Keputusan. semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Gabung Sekarang Kelas Public Speaking

Menjadi seorang yang ahli dibidang Public Speaking tentunya akan memudahkan kita untuk mencapai karir yang cemerlang. Karena tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, bahkan ada yang merasa bahwa pada saat mereka berbicara di depan umum merasakakan tidak enak badan, keringat dingin dan jantung berdebar-debar. Karena untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum membutuhkan skill atau kemampuan yang harus dilatih maka teropongpengetahuan akan memberikan rekomendasi kelas public speaking yang cocok sahabat semua ikuti.

Manfaat jika mengikut kelas ini :

1.Bayar hanya sekali.

2.Garansi mengulang GRATIS sampai bisa.

3.Tergabung di grub ekslusif dengan lingkungan yang positif.

4.Memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga pelatihan.

5.Mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator di lembaga pelatihan.

6.Jenjang karir akan meningkat.