Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

Halo sahabat YCA Indonesia bagaimana kabarnya nih? Semoga dalam keadaan sehat semua ya. Aamiin. Kali ini YCA Indonesia ingin berbagi Artikel “Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung”.

Menabung atau biasa dikenal dengan saving money adalah menyisikkan sebagian uang untuk di simpan. Setiap orang memiliki tujuan masing-masing ketika ingin melakukan saving money. Namun, hal yang harus selalu kamu ingat bahwa kehidupan sering berada dalam ketidakpastian sehingga menyiapkan dana darurat sangatlah penting.

Dengan adanya dana darurat kamu tidak perlu khawatir lagi jika seandainya tiba-tiba mengeluarkan uang ketika sakit, menghadiri acara liburan bersama teman, atau membantu keluarga yang sedang membutuhkan bantuan.

Kebanyakan orang masih belum menganggap menabung untuk dana darurat bukanlah hal yang penting sehingga masih banyak yang belum benar-benar disiplin dalam mengelolah keuangan. Jika kamu salah satu diantaranya maka kamu berada di bacaan yang tepat. Berikut ini 5 informasi penting yang wajib kamu ketahui jika kamu ingin menabung.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

 

1. Membeli Barang yang Memiliki Fungsi yang Sama

 

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

Sering kali kamu kurang menyadari ketika pergi berbelanja ke pusat perbelanjaan, kamu melihat banyak barang yang unik dan menarik. Tanpa berfikir panjang kamu membeli barang tersebut meskipun barang yang dibeli bukan karena benar-benar butuh melainkan hanya tertarik dengan gaya design yang terbaru dari yang sudah kamu miliki di rumah.

Hal tersebutlah yang menyebabkan kita menumpuk barang yang memiliki fungsi yang sama namun tidak digunakan, selain keuangan berkurang tempat untuk menyimpan barang baru pun sudah tidak ada lagi. Sehingga kamu perlu berfikir dua kali jika ingin memutuskan untuk membeli barang yang memiliki fungsi yang sama.

Membeli barang yang memiliki fungsi yang sama bukanlah keputusan yang bijak meskipun alasannya karena barang yang dibeli baru memiliki keunikan lebih, di banding yang lama. Pertanyaan yang perlu kamu tanyakan ke diri sendiri sebelum membeli barang yaitu seberapa sering barang tersebut akan kamu gunakan?, jika jarang sebaiknya menahan diri untuk tidak membelinya lagi meskipun kamu tertarik dengan keunikannya.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

2. Mudah Tergiur dengan Discount

 

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

Hayoo siapa disini para pemburu promo hehehe? Sahabat YCA kamu harus ketahui bahwa discount  atau promo ini adalah salah satu strategi marketing untuk meingkatkan permintaan barang dari konsumen baik itu karena konsumen menginginkan untuk membeli karena kebutuhan atau sekedar menarik perhatian mereka yang belum pernah sama sekali mengkonsumsi barang tersebut.

Discount yang kamu temui di tempat perbelanjaan tidak lain dan tidak bukan biasanya diberlakukan hanya untuk menghabiskan produk tersebut, jadi berhati-hatilah dalam berburu discount tetap perhatikan tanggal, bulan dan tahun kadaluwarsa produk. Buatlah komitmen dalam diri ketika membeli barang murah, sehat dan aman ketika berbelanja. Mulai dari sekarang sudah waktunya untuk meninggalkan kebiasaan lama dan lebih bijak lagi dalam berbelanja.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

3. Menaikkan Standar Hidup

 

Bagi kamu yang sudah bekerja dan memiliki gaji yang cukup untuk membiayai hidup sudah waktunya untuk menyadari tetap berada dalam standar hidup yang tetap. Sering kali ketika kamu memiliki pendapatan lebih besar dari biasanya maka kamu akan menaikkan standar hidup. Misalnya dengan membeli makan dan minum yang lebih mahal dari biasanya, membeli barang branded yang menjadi incaran dan masih banyak lagi perilaku yang kurang kita sadari.

Padahal membeli makan dan minum sederhana juga sudah mencukupi kebutuhan. Belum tentu makanan yang harganya mahal membuat tubuh kamu menjadi sehat, membeli barang branded dengan barang biasa sama-sama barang. Perasaan puas dan Bahagia hanya akan dirasakan sesaat saja.

Mereka yang menggunakan barang branded akan merasa diperhatikan dan dikagumi banyak orang padahal orang yang memperhartikan bukan merasa bangga karena kamu menggunakan barang branded melainkan mereka sedang berimajinasi bagaiman jika seandainya mereka yang sedang duduk disana dan menggunakan barang branded tersebut, tentunya begitu menyenangkan. Seperti itulah daya tarik produk dapat membius banyak orang.

Percaya atau tidak kamu sering merasakan perbedaan dalam hidupmu, mengapa setiap kali pendapatan meningkat kamu bukan merasa cukup dengan pendapatan gaji yang bertambah tetapi malah merasa gajinya kurang cukup untuk membiayayai hidup. Inilah yang dinamakan dengan kenaikan standar hidup seiring dengan naikknya pendapatan yang kamu peroleh.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

4. Melakukan Selfreward Berlebihan

 

Setelah melakukan banyak hal yang terbaik dengan sukses sudah sebaiknya untuk memberikan selfreward kepada diri sendiri. Namun, dalam memberikan selfreward kamu perlu memperhitungkan budget yang akan kamu keluarkan. Tidak jarang masih banyak orang diluar sana yang suka berlebihan dalam memberikan selfreward melebihi batas kemampuan diri hanya untuk mengapresiasi diri sendiri.

Selfreward sewajarnya asalkan kamu bahagia dan tidak merasa terbebani dengan pengeluaran tersebut. Sebelum memberikan selfreward kamu sebaiknya memberikan standar ke diri sendiri, pekerjaan seperti apa yang harus dan pantas untuk diberikan reward dan mana yang biasa saja tanpa perlu reward. Menjadi disiplin dalam mengatur keuangan adalah kewajiban bagi kamu yang ingin tabungannya meningkat dengan cepat.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

5. Membiayai Kebutuhan Sehari-hari Hanya dengan Satu Sumber Penghasilan.

 

Kesalahan terbesar bagi orang-orang yang berencana menabung adalah membiayai kebutuhan sehari-hari hanya bersumber dari satu penghasilan saja sehingga tidak heran dalam menabung mereka kesulitan untuk menyisikan uangnya. Bagi kamu yang benar-benar serius menabung untuk masa depan sudah seharusnya untuk menambah pundi-pundi pemasukan dari berbagai pekerjaan yang berbeda-beda.

Mumpung masih mudah motivasi dalam bekerja tetap dijaga agar kamu bisa menikmati masa tua dengan Bahagia tanpa harus memikirkan cicilan hutang lagi. Dengan melakukan Saving money sedini mungkin akan membiasakan diri kamu untuk hidup hemat. Bukan tentang seberapa banyak yang di tabung tapi seberapa konsistennya kamu dalam menabung. Karena penumpukkan akan terjadi karena lamanya waktu berproses.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung

Baca Juga : Latih 5 Potensi Diri Ini Jika Anda Ingin Sukses

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Menabung. semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Gabung Sekarang Kelas Public Speaking

Menjadi seorang yang ahli dibidang Public Speaking tentunya akan memudahkan kita untuk mencapai karir yang cemerlang. Karena tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, bahkan ada yang merasa bahwa pada saat mereka berbicara di depan umum merasakakan tidak enak badan, keringat dingin dan jantung berdebar-debar. Karena untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum membutuhkan skill atau kemampuan yang harus dilatih maka teropongpengetahuan akan memberikan rekomendasi kelas public speaking yang cocok sahabat semua ikuti.

Manfaat jika mengikut kelas ini :

1.Bayar hanya sekali.

2.Garansi mengulang GRATIS sampai bisa.

3.Tergabung di grub ekslusif dengan lingkungan yang positif.

4.Memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga pelatihan.

5.Mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator di lembaga pelatihan.

6.Jenjang karir akan meningkat.