Cara Menjadi Compassionate Leader

ycatraining.com -Cara Menjadi Compassionate Leader. Halo semuanya apa kabarnya nih sahabat YCA ? semoga sahabat dalam keadaan sehat selalu dan terus diberikan semangat serta motivasi untuk belajar pengembangan dirinya ya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari ycatraining akan berbagi artikel Cara Menjadi Compassionate Leader.

Pandemi sudah berlangsung hampir 4 tahun dan belum terdapat tanda-tanda akan berakhir. Suasana masih penuh dengan ketidakpastian. Pembatasan izin bepergian ke luar daerah termasuk pengetatan persyaratan perjalanan menimbulkan tekanan tersendiri bagi sebagian orang. Sementara itu, target kinerja yang ditetapkan tetap menantang. Di masa yang seperti inilah diperlukan kepemimpinan yang welas asih (compassionate leadership) sehingga menimbulkan keinginan pegawai untuk ikut berkontribusi, membangun sinergi dan meningkatkan kinerjanya.

Maksud dari compassionate leadership adalah gaya kepemimpinan yang lebih banyak melibatkan empati kepada orang lain seperti karyawan atau timnya. Fokus pemimpin ialah memberikan hal terbaik untuk para individu, tim, atau perusahaannya.

 

Okey disini mimin akan berbagi artikel mengenai Cara Menjadi Compassionate Leader. Oleh karena itu mari kita simak bersama-sama untuk penjelasannya tentangCara Menjadi Compassionate Leader.

 

1. Mendengarkan orang lain

Menjadi seorang pemimpin, bukan berarti bahwa kamu tahu segala hal. Oleh karena itu, dengarkan dan perhatikan orang lain ketika  mereka berbicara padamu.

Lakukanlah active listening agar kamu dapat memahami feedback dan kritik yang disampaikan oleh orang lain. Selain itu, dukung rekan kerja untuk menyuarakan pendapatnya saat meeting atau dalam percakapan sehari-hari. Dengan melakukan ini, orang lain akan merasa dihargai dan kamu pun dapat membangun hubungan baik dengan mereka.

2. Berhati-hati dalam berkomunikasi

 

Kemampuan mendengar pun akan sangat terbantu jika kamu berhati-hati dalam berkomunikasi. Sebagai contoh, ketika kamu sedang melakukan meeting, jangan terus-menerus menguasai percakapan. Berikanlah waktu dan jangan menyela ketika orang lain menyampaikan pendapatnya. Ketika berkomunikasi pun, jangan lupa untuk memperhatikan bahasa tubuh, baik diri sendiri maupun orang lain.

3. Tidak bersikap egois

Untuk mempraktikkan compassionate leadership, hindarilah bersikap egois terhadap rekan kerja. Memang, kompetisi di tempat kerja adalah hal yang wajar. Namun, jika akhirnya hanya saling sikut, hal ini akan mengganggu keharmonisan lingkungan kerja. Menjadi seorang compassionate leader berarti siap membantu sesama apabila ada yang merasa kesulitan saat bekerja. Untuk hal-hal praktikalnya, kamu bisa mengucapkan terima kasih apabila mendapat bantuan, memberi semangat ke orang lain, dan tidak menutup-nutupi informasi penting untuk diri sendiri.

4. Menjaga perilaku positif

Seseorang dengan kualitas compassionate leadership akan selalu menjaga sikap positif ketika bekerja. Apabila kamu ingin menjadi seorang compassionate leader, usahakan untuk selalu memiliki hal positif untuk disampaikan ke orang lain.Memiliki perilaku seperti ini dapat membuat orang lain nyaman ketika bekerja dan tidak takut untuk menyampaikan pendapatnya. Sikap positif kamu pun dapat membantu membangun lingkungan kerja yang nyaman untuk dipakai bekerja.

5. Bersikap terbuka

Bersikap terbuka ketika berkomunikasi ataupun dalam perbuatan adalah salah satu bentuk dari compassionate leadership.Jika kamu ingin menyampaikan kritik atau feedback, lakukan secara langsung dan jelas, hindari melakukan melebih-lebih sebuah informasi.Dengan melakukan ini, kamu menunjukkan compassion dengan membantu mereka untuk berkembang secara profesional.

Baca Juga : Fungsi Dana Darurat Yang Kamu Harus Tau

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah  Cara Menjadi Compassionate Leader . artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Gabung Sekarang Kelas Public Speaking

Menjadi seorang yang ahli dibidang Public Speaking tentunya akan memudahkan kita untuk mencapai karir yang cemerlang. Karena tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, bahkan ada yang merasa bahwa pada saat mereka berbicara di depan umum merasakakan tidak enak badan, keringat dingin dan jantung berdebar-debar. Karena untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum membutuhkan skill atau kemampuan yang harus dilatih maka teropongpengetahuan akan memberikan rekomendasi kelas public speaking yang cocok sahabat semua ikuti.

Manfaat jika mengikut kelas ini :

1.Bayar hanya sekali.

2.Garansi mengulang GRATIS sampai bisa.

3.Tergabung di grub ekslusif dengan lingkungan yang positif.

4.Memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga pelatihan.

5.Mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator di lembaga pelatihan.

6.Jenjang karir akan meningkat.