pengembangan diri

ADA 15 CIRI-CIRI INTROVERT YANG WAJIB KAMU KETAHUI

ycatraining.com – 15 Ciri-Ciri Introvert yang Wajib Kamu Ketahui. Halo semuanya apa kabarnya nih sahabat YCA ? semoga sahabat dalam keadaan sehat selalu dan terus diberikan semangat serta motivasi untuk belajar pengembangan dirinya ya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari ycatraining akan berbagi artikel tentang 15 ciri-ciri introvert yang wajib kamu ketahui. Apa saja ciri-ciri introvert? okey langsung saja kita bahas pada artikel berikut ini ya.

Pengertian Introvet

Introvert adalah tipe kepribadian yang orang-orangnya memiliki ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya. Orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri (introspektif).

Namun perlu diingat, kepribadian introvert tidak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial. Pemilik kepribadian introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Hanya saja, setelah menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang, seseorang yang introvert akan membutuhkan waktu menyendiri untuk kembali mengembalikan energinya.

15 Ciri-Ciri Introvert yang Wajib Diketahui

Ciri-ciri introvert di bawah ini secara umum bisa menggambarkan diri dari seseorang yang memiliki kepribadian, yaitu :

ciri-ciri introvert

  1. Ciri-ciri introvert yang pertama adalah jika ia berkumpul dengan banyak orang merasa menguras energi. Orang-orang yang introvert, akan mengeluarkan energinya saat berkumpul dengan banyak orang. Sehingga, setelah selesai, mereka akan merasa kelelahan. Meski begitu, bukan berarti orang introvert tidak dapat berinteraksi atau menghindari suatu acara dengan orang lain. Hanya saja, mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat, dibandingkan bertemu dengan orang baru.
  2. Senang dengan kesendirian. Waktu menyendiri yang dihabiskan oleh seorang introvert sangatlah penting untuk mengembalikan energi, kesehatan, dan kebahagiannya.
  3. Lingkaran pertemanan dekatnya tidak terlalu besar
  4. Sering dianggap pendiam oleh orang lain Orang-orang yang introvert seringkali dikira memiliki sifat pendiam. Meski sebagain memang ada yang bersifat seperti itu, namun sebagian lainnya lebih bersikap memilih untuk menyaring kata-kata yang keluar, untuk kepentingan tertentu.
  5. Terlalu banyak stimulasi membuat terdistraksi Saat orang-orang berkepribadian introvert menghabiskan waktunya di lingkungan yang padat dan ramai, mereka cenderung akan kehilangan fokus.
  6. Sangat sadar akan perbuatan serta sikap diri sendiri Karena cenderung lebih senang bermain di pikirannya sendiri.
  7. Lebih memilih profesi yang menawarkan kebebasan profesi yang mengharuskan pekerjanya melakukan banyak interaksi sosial, umumnya tidak terlalu menarik bagi introvert.
  8. Lebih senang mempelajari sesuatu secara visual Ketika mempelajari sesuatu, orang-orang introvert lebih memilih metode observasi, dibandingkan turun langsung untuk mencoba.
  9. Ide-ide cemerlang muncul saat sedang sendiri Saat-saat menyendiri merupakan waktu yang paling produktif untuk orang introvert. Ketika sendiri, orang yang introvert dapat mengolah pikirannya dengan maksimal sehingga bisa menghasilkan ide-ide yang cemerlang.
  10. Tidak merasa harus mengetahui tren terbaru orang-orang introvert umumnya merasa tidak perlu selalu mengikuti semua tren terbaru.
  11. Sering terlihat bengong seorang yang introvert, seringkali membebaskan diri dari situasi dengan bengong dan membiarkan pikiran berjalan ke sana ke mari.
  12. Sering dimintai pendapat oleh orang lain saat terlibat dalam diskusi, orang yang introvert cenderung menunggu ditanya sebelum menyampaikan pendapatnya.
  13. Tidak terlalu suka mengambil risiko Perbedaan otak introvert dan extrovert, terlihat saat mereka mengambil risiko.
  14. Lebih senang menyampaikan pendapat dengan tulisan Introvert umumnya lebih memilih untuk menyampaikan isi kepalanya melalui tulisan dibandingkan dengan kata-kata.
  15. Ciri-ciri introvert yang terakhir adalah memiliki pikiran yang lebih aktif pikiran orang-orang introvert sangatlah aktif.

Baca Juga : 6 Teknik Komunikasi yang Efektif

Gabung Sekarang Kelas Public Speaking

Menjadi seorang yang ahli dibidang Public Speaking tentunya akan memudahkan kita untuk mencapai karir yang cemerlang. Karena tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, bahkan ada yang merasa bahwa pada saat mereka berbicara di depan umum merasakakan tidak enak badan, keringat dingin dan jantung berdebar-debar. Karena untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum membutuhkan skill atau kemampuan yang harus dilatih maka teropongpengetahuan akan memberikan rekomendasi kelas public speaking yang cocok sahabat semua ikuti.

Manfaat jika mengikut kelas ini :

  1. Bayar hanya sekali.
    2. Garansi mengulang GRATIS sampai bisa.
    3. Tergabung di grub ekslusif dengan lingkungan yang positif.
    4. Memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga pelatihan.
    5. Mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator di lembaga pelatihan.
    6. Jenjang karir akan meningkat.

ciri-ciri introvert

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.