Beberapa Tips Mengobati Homesick di Perantauan

Beberapa Tips Mengobati Homesick di Perantauan

ycatraining.com -Beberapa Tips Mengobati Homesick di Perantauan. Halo semuanya apa kabarnya nih sahabat YCA ? semoga sahabat dalam keadaan sehat selalu dan terus diberikan semangat serta motivasi untuk belajar pengembangan dirinya ya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari ycatraining akan berbagi artikel Beberapa Tips Mengobati Homesick di Perantauan.

Rasa rindu kampung halaman wajar saja dialami oleh anak-anak rantau. Pasalnya setelah bertahun-tahun menghabiskan waktu Anda tumbuh besar di satu tempat bersama orang-orang yang dikenal dekat, tentu rasanya berat ketika harus berpisah dan membangun sebuah hidup baru tanpa mereka.

Buat anak rantau yang sedang menuntut ilmu atau bekerja di seberang pulau, perasaan rindu kampung halaman (homesick) adalah hal yang wajar. Tak bisa dipungkiri bahwa pulang kampung adalah cara mengatasi homesick yang paling efektif.

Beberapa Tips Mengobati Homesick di Perantauan

Namun terkadang, situasi di tanah rantau tidak memungkinkan untuk ditinggal mudik pulang ke rumah. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Memilih tinggal di tanah rantau adalah solusi terbaik untuk mencegah penyebaran virus di kampung halaman tercinta, meski merasa homesick.

Jangan takut. Ada banyak cara mengatasi homesick yang ampuh dan bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa kangen rumah agar perasaan rindu tak menjelma menjadi emosi negatif.

Cara mengatasi homesick saat merantau berikut ini diharapkan bisa mengusir perasaan kesepian Anda.

1. Curhat ke teman sesama perantau

Beberapa Tips Mengobati Homesick di Perantauan

Perasaan homesick adalah emosi yang wajar Anda rasakan saat tinggal jauh terlalu lama dari keluarga di kampung halaman.

Sebagai cara menghilangkan rasa rindu kampung halaman yang menggerogoti jiwa, ungkapkanlah perasaan itu kepada sesama perantau. Ingat, Anda tidak sendirian di tanah rantau ini. Banyak orang di luar sana yang juga merindukan rumah mereka.

Cobalah berbagi pengalaman dan bertukar cerita dengan sesama anak rantau. Dengan curhat, Anda bisa saling bernostalgia mengingat masa-masa menyenangkan di kampung halaman.

Ungkapkan juga kesulitan atau halangan-halangan yang Anda alami selama di tanah rantau ini agar batin menjadi lebih lega. Mungkin dengan begitu, Anda juga akan mendapatkan solusinya dari yang sudah pernah mengalami.

2. Cari kesibukan baru

Berdasarkan riset American Camp Association, salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan rasa rindu rumah adalah dengan membuat diri Anda sesibuk mungkin.

Jadi, cobalah cari kegiatan positif sebanyak-banyaknya untuk mengisi waktu luang dan mengalihkan pikiran dari rasa rindu itu. Misalnya, “main peran” selayaknya turis dan jelajahi tempat-tempat yang unik di daerah tersebut. Gali juga informasi tentang acara-acara yang menarik perhatian, seperti pertandingan olahraga, festival musik, dan pertunjukan teater.

Tidak ada salahnya juga untuk bergabung dengan klub atau ikut kursus. Selain membuat Anda punya kesibukan baru, ini juga membuka kesempatan untuk membuat teman dan koneksi baru.

3. Temukan hal positif tentang tempat tersebut

Beberapa Tips Mengobati Homesick di Perantauan

Ketika sedang senggang, cobalah duduk merenung dan pikirkan apa saja hal-hal positif yang Anda alami sejauh ini di tempat baru.

Misalnya, Anda jadi dapat memperoleh kebebasan yang mungkin dahulu tidak didapatkan di tempat tinggal yang lama. Sulu sewaktu di rumah berlaku jam malam sehingga Anda tidak bisa bebas berkumpul dengan teman barang untuk bermain atau menyelesaikan tugas. Sementara di tempat yang baru ini, Anda sendirilah yang menentukan kapan jam malam buat diri sendiri.

Apa lagi? Mungkin udara dan lingkungan di tempat yang sekarang jauh lebih bersih dan indah dibanding kampung halaman Anda. Sekarang Anda mungkin juga tidak perlu lagi makan hati karena kesal terjebak macet seperti dulu.

Mencatat hal-hal positif ini akan membantu “merapikan” kembali pikiran Anda yang sedang kalut. Dengan begitu, Anda jadi menyadari bahwa tidak selamanya sesuatu yang baru dan asing itu buruk.

4. Rajin-rajin hubungi orang rumah

Sesibuk apa pun Anda di tanah rantau, usahakan meluangkan waktu untuk rutin menghubungi orang-orang rumah di kampung halaman. Semakin jarang menghubungi keluarga, Anda akan merasa semakin kangen rumah.

Sebisa mungkin hubungi mereka setiap hari seperti lewat telepon atau hanya sekedar mengirim pesan singkat untuk bertukar kabar.

Dengan teknologi mutakhir saat ini pun Anda sudah bisa melakukan panggilan video dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.

5. Tuliskan sisi positif dari tanah rantau

Beberapa Tips Mengobati Homesick di Perantauan

Cobalah sesekali merenung dan pikirkan mengenai apa-apa saja hal positif yang Anda alami sejauh ini di tempat baru. Dengan begitu, Anda jadi bisa menghargai dan menyadari bahwa tidak selamanya sesuatu yang baru atau asing itu buruk.

Sebagai contoh adalah kebebasan yang Anda peroleh di tanah rantau. Di rumah dulu mungkin Anda tidak diperbolehkan untuk pulang larut malam sehingga waktu berkumpul dengan teman jadi terbatas.

Di “rumah” yang baru ini, Anda sendirilah yang bertanggung jawab menentukan jam malam buat diri sendiri.

Tuliskan juga beragam keterampilan dan kemandirian yang Anda peroleh semenjak hidup sendiri. Misalkan, Anda sekarang jadi bisa beberes rumah sendiri atau memasak makanan sendiri, yang sebelumnya mungkin dibantu oleh keluarga.

Baca Juga :Cara Belajar Berdamai Dengan Keadaan

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah Beberapa Tips Mengobati Homesick di Perantauan . artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Gabung Sekarang Kelas Public Speaking

Menjadi seorang yang ahli dibidang Public Speaking tentunya akan memudahkan kita untuk mencapai karir yang cemerlang. Karena tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, bahkan ada yang merasa bahwa pada saat mereka berbicara di depan umum merasakakan tidak enak badan, keringat dingin dan jantung berdebar-debar. Karena untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum membutuhkan skill atau kemampuan yang harus dilatih maka teropongpengetahuan akan memberikan rekomendasi kelas public speaking yang cocok sahabat semua ikuti.

Manfaat jika mengikut kelas ini :

1.Bayar hanya sekali.

2.Garansi mengulang GRATIS sampai bisa.

3.Tergabung di grub ekslusif dengan lingkungan yang positif.

4.Memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga pelatihan.

5.Mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator di lembaga pelatihan.

6.Jenjang karir akan meningkat.