5 Tips kuliah sambil kerja yang perlu kamu tahu

ycatraining.com -5 Tips kuliah sambil kerja yang perlu kamu tahu. Hallo semuanya apa kabarnya nih sahabat YCA ? semoga sahabat dalam keadaan sehat selalu dan terus diberikan semangat serta motivasi untuk belajar pengembangan dirinya ya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari ycatraining akan berbagi artikel 5 Tips kuliah sambil kerja yang perlu kamu tahu.

Pendidikan itu penting. Namun, tidak semua orang cukup beruntung untuk mendapatkan pendidikan yang mereka inginkan. Bekerja paruh waktu adalah salah satu solusinya.

Teman- teman  yang ingin kuliah tapi terhalang karena uang jangan berkecil hati dulu. Ada solusi untuk setiap masalah. Jika Anda bersedia mengeluarkan energi ekstra keras, Anda dapat melanjutkan pendidikan sembari bekerja.

5 Tips kuliah sambil kerja

Bagaimana Anda kuliah sambil bekerja? Pada dasarnya ada 2 cara.

Pertama Anda bisa mengikuti kelas karawan dan kemudian Anda bekerja sebagai pekerja lepas. Ada berbagai pekerjaan untuk mahasiswa yang dapat Anda lamar.

Kedua, mengambil perguruan tinggi kelas pekerja. Sebagai karyawan, Anda biasanya dapat bekerja mulai pukul 08.00. sampai jam 5 sore. dan kemudian belajar setelah jam kantor. Program kelas karyawan lainnya adalah kuliah sehari penuh di akhir pekan.

Biaya kuliah untuk kelas pekerja cenderung relatif lebih mahal dibandingkan kelas reguler. Cerdas saja dan pilih kampus yang menawarkan program kuliah terjangkau untuk kelas pekerja.

Nah, Anda tinggal memilih yang sesuai dengan ruang. Jika Anda telah memutuskan untuk belajar paruh waktu, Anda harus siap menghadapi tantangan seperti:

  • Anda memiliki lebih sedikit waktu untuk istirahat. Setelah bekerja Anda masih harus pergi ke universitas. Setelah itu masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan.
  • Ngantuk di tempat kerja
  • kelelahan saat belajar dan tidak fokus
  • Ada banyak tugas yang harus dikerjakan
  • Anda harus menemukan batas waktu  antara belajar dengan bekerja
  • kurangnya waktu untuk hang out, bermain, bertemu keluarga,
    dll.

Berikut 5 Tips kuliah sambil kerja yang perlu anda tahu

 

1. Fokus pada pekerjaan dan kuliah

5 Tips kuliah sambil kerja

Kedua hal ini harus menjadi fokus utama Anda. Hobi dan hiburan yang jika perlu, Anda dapat mengesampingkannya untuk sementara waktu.

Mintalah juga pengertian dari teman, anggota keluarga, dan pasangan, karena waktu bersama mereka pasti akan berkurang. Lakukan keduanya dengan komitmen yang sama. Sebisa mungkin, kegiatan pihak lain tidak mengganggu.

5 Tips kuliah sambil kerja

2. Kelola waktu Anda dengan bijak

Manajemen waktu perlu dikelola dengan lebih baik. Waktu kerja dan kuliah perlu diatur, ingat untuk fokus pada masing” tempat.

Selebihnya Anda harus bisa mengatur waktu untuk belajar, menyelesaikan tugas, menyelesaikan pekerjaan, bertemu dengan teman, bertemu dengan keluarga, istirahat, dll.

Anda hanya memiliki 24 jam dalam sehari. Setiap jam harus dialokasikan secara efisien.

Jika perlu, Anda dapat membuat program harian sehingga semua aktivitas untuk hari itu dapat diatur.

5 Tips kuliah sambil kerja

3. Tunjukkan status Anda kepada atasan Anda

5 Tips kuliah sambil kerja
Sebaiknya sampaikan kondisi Anda kepada atasan Anda. Katakan padanya bahwa Anda kuliah sembari bekerja.

Anda bisa sampaikan itu pada saat wawancara kerja. Jika Anda sudah bekerja, pertama-tama diskusikan dengan atasan Anda apakah anda bisa melanjutkan pekerjaan sembari kuliah  mungkin dilakukan. Mengkomunikasikan keadaan seperti itu kepada atasan sangat penting untuk kelancaran proses.

Setidaknya bos memahami situasi Anda dan dapat menawarkan beberapa kebijakan dalam kondisi tersebut.

5 Tips kuliah sambil kerja

4. Pilih jurusan Anda dengan hati-hati

Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, mungkin akan lebih mudah untuk menentukan jurusan. Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih luas dan realistis tentang karir seperti apa yang ingin Anda kejar. Anda tinggal memilih pendidikan yang mendukung hal tersebut.

Jika Anda sudah kuliah, maka di tengah keputusan kerja freelance, ketekunan Anda dalam memilih jurusan akan berdampak besar bagi masa depan Anda. Jika Anda salah memilih jurusan, pekerjaan adalah gangguan yang sangat besar. Anda dapat menggunakan pekerjaan Anda sebagai alasan untuk berhenti kuliah jika Anda tidak benar-benar puas dengan jurusan Anda.

Oleh karena itu, pilih jurusan Anda dengan hati-hati sebelum Anda memutuskan untuk kuliah.

Anda dapat mencari informasi lengkap lengkapnya. Cari tahu bidang mana yang Anda sukai, pahami dan kuasai.

5 Tips kuliah sambil kerja

5. Gunakan teknologi untuk mendukung belajar dan bekerja

5 Tips kuliah sambil kerja
Sekarang, berkat teknologi, semuanya menjadi sangat mudah. Anda hanya perlu mengoptimalkan pengoperasiannya sehingga memudahkan pengoperasian Anda.

Menggunakan teknologi akan membantu Anda dalam banyak hal. Anda dapat mengoptimalkan waktu Anda dan menjadi lebih efisien dengan melakukan hal yang berbeda. Berkaitan dengan pekerjaan atau tugas kuliah.

5 Tips kuliah sambil kerja

Baca Juga :5 Tips agar belajarmu lebih efektif dan efisien

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah 5 Tips kuliah sambil kerja. semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Gabung Sekarang Kelas Public Speaking

Menjadi seorang yang ahli dibidang Public Speaking tentunya akan memudahkan kita untuk mencapai karir yang cemerlang. Karena tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, bahkan ada yang merasa bahwa pada saat mereka berbicara di depan umum merasakakan tidak enak badan, keringat dingin dan jantung berdebar-debar. Karena untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum membutuhkan skill atau kemampuan yang harus dilatih maka teropongpengetahuan akan memberikan rekomendasi kelas public speaking yang cocok sahabat semua ikuti.

Manfaat jika mengikut kelas ini :

1.Bayar hanya sekali.

2.Garansi mengulang GRATIS sampai bisa.

3.Tergabung di grub ekslusif dengan lingkungan yang positif.

4.Memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga pelatihan.

5.Mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator di lembaga pelatihan.

6.Jenjang karir akan meningkat.