5 Tips Menjadi Pemimpin yang positif

5 Tips Membangun Keakraban Kepada Orang Baru

Halo sahabat YCA Indonesia bagaimana kabarnya nih? Semoga dalam keadaan sehat semua ya. Aamiin. Kali ini YCA Indonesia ingin berbagi lima Cara Membangun Keakraban Meskipun Baru Pertama Kali Ketemu.

Membangun keakraban bukanlah hal yang mudah bagi sesorang yang memiliki kepribadian introvert. Sering kali, ini menjadi tantangan tersendiri bagi kaum introvert untuk melakukan percakapan meskipun hanya sekedar basa-basi dengan lawan bicara. Permasalahan ini tidak hanya dirasakan sebagian besar kaum introvert. Tidak jarang mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert juga mengalami hal yang sama.

Hal yang membuat orang-orang tidak percaya diri untuk menyapa orang lain biasanya terletak pada kemampuan komunikasi, entah itu bahasa yang digunakan, anggapan bahwa lawan bicara bukanlah orang sembarangan untuk diajak berbicara, atau kesulitan mencari topik yang menarik untuk dibahas.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, hari ini YCA akan memberikan 5 tips khusus yang bisa kita lakukan untuk membangun keakraban.

1. Berani Memulai Percakapan

Sering kali yang membuat orang-orang insecure untuk memulai percakapan adalah terletak pada penilaian mereka sendiri terhadap lawan bicara. Biasanya seseorang akan menganalisis lawan bicaranya terlebih dahulu dan selalu beranggapan bahwa lawan bicara sangat cerdas atau berbeda strata kehidupan dibandingkan mereka. Akhirnya mereka tidak percaya diri untuk memulai percakapan. Dimana mereka merasa takut jika tidak bisa mengimbangi pola pikir maupun bahasa dari lawan bicaranya.

Hal yang perlu dipahami adalah

semakin tinggi ilmu seseorang maka ia akan semakin merendah dalam bertindak dan bertutur kata.”

Padahal, ini hanya terletak pada asumsi kita yang terlalu berfikir negatif terhadap keadaan yang belum kita ketahui sebelumnya. Berakhirnya suatu percakapan terletak pada awalnya pembicaraan yang kita mulai karena sebagai komunikator kitalah pemegang kendali atas arah dan alur percakapan yang kita lakukan.

Membuka interaksi atau dialog tidak perlu dimulai dengan percakapan yang berat mengandung makna yang dalam. Hal simple yang bisa kita lakukan yaitu dengan memberikan pertanyaan sederhana terhadap lawan bicaramu. Misalnya menanyakan tujuan yang dilakukan seseorang pada saat kita pertama kali bertemu, menanyakan asal, nama, atau kesibukan apa yang dilakukan orang tersebut.

5 Tips Membangun Keakraban Kepada Orang Baru

2. Mempelajari Karakter dan Keadaan Lawan Bicara

5 Tips Membangun Keakraban Kepada Orang Baru

Sebelum melakukan percakapan yang semakin meluas, percaya atau tidak bahwa karakter lawan bicara menjadi hal yang paling utama ketika berinteraksi. Biasanya emosi seseorang jarang diungkapkan dengan kata-kata, lebih sering terlihat dengan isyarat. 90% data membuktikan bahwa kesan emosional seseorang bersifat nonverbal misalnya seperti nada bicara, gerak-gerik, ekspresi wajah dan sebagainya.

Jika lawan bicaramu merespon dengan sangat ramah dan dalam keadaan santai silahkan lanjutkan percakapan yang menarik. Namun, jika mereka hanya menjawab satu-dua kata dan dalam keadaan sibuk sebaiknya tidak untuk mengganggunya terlebih dahulu sampai benar-benar kesibukannya selesai.

Selain memperhatikan keadaan lawan bicara, mencari persamaan dengan lawan bicara juga merupakan salah satu cara untuk membangun kedekatan emosional. Misalnya mencari tahu hobi, kebiasaan, dan pola pikir dari mereka akan membuat percakapan akan semakin akrab.

5 Tips Membangun Keakraban Kepada Orang Baru

3. Memunculkan Rasa Tertarik Kepada Lawan Bicara

Merespon lawan bicara dengan sangat baik menjadi sinyal yang sangat efektif kepada lawan bicara, adanya rasa tertarik kita kepada mereka, percakapan yang ringan dan dikemas dengan penuh kehumorisan serta banyak mengandung pelajaran akan meninggalkan kesan tersendiri bagi mereka.

Sebagai komunikator yang baik kita bertanggung jawab untuk mengantarkan mereka pada pemahaman inti dari pesan yang kita sampaikan dengan sangat jelas. Memberikan ekspresi yang menyakinkan serta memberikan feedback sesuai alur dari percakapan merupakan salah satu tanda bahwa kita memiliki rasa ketertarikan pada pembahasan.

5 Tips Membangun Keakraban Kepada Orang Baru

4. Membahas Topik yang Menarik

5 Tips Membangun Keakraban Kepada Orang Baru

Setelah melakukan 3 tips di atas, langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk membangun keakraban dengan orang baru adalah dengan membahas topik yang menarik dan viral diperbincangkan banyak orang. Namun, untuk bisa berbicara dengan topik yang menarik kita perlu banyak referensi agar tidak kehabisan topik ketika berbicara dengan siapa saja.

Membahas topik yang menarik akan membangun image kepada lawan bicara bahwa seorang komunikator memiliki wawasan yang luas, asyik diajak ngobrol, bisa membangun suasana yang nyaman, serta memberikan informasi baru secara tidak langsung.

5 Tips Membangun Keakraban Kepada Orang Baru

5. Menyebut Nama Lawan Bicara dalam Percakapan

Selain membahas topik menarik, yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah sesekali menyebut nama lawan bicara di dalam percakapan atau interaksi karena seseorang akan mudah terkesan ketika kita mengingat dan menyebut nama mereka. Dengan menyebut nama lawan bicara disela-sela percakapan tanpa disadari hal ini akan membangun kedekatan tersendiri dengan mereka sehingga kita bisa mengarahkan lawan bicara terhadap sesuatu yang kita inginkan dan menutup percakapan dengan kesan yang sangat baik untuk dikenang Bersama.

 

Selain mempraktikkan 5 tips di atas, perlu sekali didukung oleh kemampuan public speaking yang bagus sehingga berbicara dengan orang lain bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan meskipun berada dalam jumlah audience yang banyak.

Baca Juga : 5 Tips melamar kerja ini bisa bikin HRD terkesan

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah 5 Cara Membangun Keakraban Meskipun Baru Pertama Kali Ketemu. semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Gabung Sekarang Kelas Public Speaking

Menjadi seorang yang ahli dibidang Public Speaking tentunya akan memudahkan kita untuk mencapai karir yang cemerlang. Karena tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, bahkan ada yang merasa bahwa pada saat mereka berbicara di depan umum merasakakan tidak enak badan, keringat dingin dan jantung berdebar-debar. Karena untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum membutuhkan skill atau kemampuan yang harus dilatih maka teropongpengetahuan akan memberikan rekomendasi kelas public speaking yang cocok sahabat semua ikuti.

Manfaat jika mengikut kelas ini :

1.Bayar hanya sekali.

2.Garansi mengulang GRATIS sampai bisa.

3.Tergabung di grub ekslusif dengan lingkungan yang positif.

4.Memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga pelatihan.

5.Mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator di lembaga pelatihan.

6.Jenjang karir akan meningkat.