4 MODEL KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI YANG WAJIB DIKETAHUI !

ycatraining.com – 4 Model Komunikasi Menurut Para Ahli. Halo semuanya apa kabarnya nih sahabat YCA ? semoga sahabat dalam keadaan sehat selalu dan terus diberikan semangat serta motivasi untuk belajar pengembangan dirinya ya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari ycatraining akan berbagi artikel tentang 4 Model Komunikasi Menurut Para Ahli.  okey langsung saja kita bahas tentang model- model komunikasi menurut para ahli berikut ini ya.

Model Komunikasi Menurut Para Ahli :

Model Komunikasi Aristoteles

Adalah salah satu model komunikasi yang banyak digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan proses public speaking. Model komunikasi ini merupakan model komunikasi pertama dan diterima secara luas diantara model komunikasi lainnya. Model komunikasi ini berpatok pada pembicara, pesan dan pendengar.  

Model Komunikasi Lasswell

Laswell mempunyai 3 fungsi komunikasi yaitu : pengawasan lingkungan, korelasi berbagai bagian yang terpisah dalam masyarakat dan trasmisi warisan sosial dari generasi ke generasi. 

5 Komponen komunikasi Laswell sebagai berikut : 

1. Who (sender) : Komunikator atau pengirim

2. Says What (message) : Isi pesan

3. Channel (media) : Media

4. To Whom (receiver) : Penerima pesan 

5. With What Effect (feedback): Umpan balik yang diberika oleh penerima pesan kepada pengirim pesan.

model komunikasi menurut para ahli

 

Model Komuniksi menurut para ahli (Shannon dan Weaver)

Claude Elwood Shannon dan Warren Weaver (1948) mengembangkan salah satu model komunikasi linear yang disebut dengan Model Komunikasi Shannon dan Weaver. 

1. Komponen-komponen dalam komunikasi Shannon dan Weaver

Proses komunikasi Shannon dan Weaver adalah encoding dan decoding yang terjadi sebelum mengirim pesan dan sebelum penerima dan menerima pesan.  Dalam model ini terdapat beberapa komponen yaitu encoding dan decoding yang terjadi pada saat sebelum pengirim mengirim pesan dan sebelum penerima menerima pesan. 

Dalam model komunikasi ini ada beberapa komponen yaitu sender, message, channel dan receiver dimana bagian-bagian tersebut saling berpengaruh.
model komunikasi menurut para ahli

  • Pengirim (sender)

Sumber pesan atau orang yang mengorganisasi pesan. Seorang pengirim pesan atau sumber pesan mengirimkan pesan kepada penerima pesan.

  • Pesan (message)

Pesan adalah hal substansif yang dikirimkan oleh pengirim pesan kepada penerima pesan. Pesan dapat berbentuk suara, teks, video atau lain-lain.

  • Media (channel)

Media yang digunakan untuk mengirim pesan misalnya telepon, internet sebagai media komunikasi dan lain-lain dan biasanya digunakan dalam komunikasi bermedia (media massa atau media baru). Namun, jika merujuk pada bentuk atau konteks komunikasi lain seperti misalnya komunikasi interpersonal maka media komunikasi yang dimaksud merujuk pada kelima rasa melalui panca indera yang dimiliki oleh manusia. Kelima rasa inilah yang turut mempengaruhi arus dan efektivitas komunikasi. Kelima rasa tersebut adalah mendengarkan, melihat, menyentuh, mencium, dan merasakan.

  • Penerima (receiver)

Orang yang menerima pesan yang dikirmkan oleh pengirim pesan.

2. Model Komunikasi menurut para ahli (Barnlund)

Pada tahun 1970, Dean C. Barnlund mengenalkan sebuah model komunikasi transaksional bagi dasar komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi yang menggambarkan proses pengiriman dan penerimaan pesan yang terjadi secara simultan antara partisipan komunikasi. Model komunikasi Barnlund dikenal dengan nama Model Komunikasi Transaksional Barnlund. Model ini merupakan respon terhadap model komunikasi linear yang bersifat statis ke model komunikasi yang bersifat dinamis dan model komunikasi dua arah.

model komunikasi menurut para ahli

Terdapat 9 komponen dalam proses komunikasi, yaitu sender (transmitter), encoder, decoder, interpreter, receiver, message, feedback, medium, dan noise.

1. Sender (transmitter) : Orang yang mengirimkan pesan.

2. Encoder : Orang yang mengubah pesan ke dalam bentuk kode.

3. Decoder : Orang yang mendapatkan pesan yang telah di-encode yang telah dikirimkan oleh encoder dan mengubahnya ke dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh orang lain.

4. Interpreter : Orang yang mencoba untuk memahami dan menganalisa pesan. 

5. Receiver : Orang yang menerima pesan yang melakukan proses decoding dan menginterpretasikan pesan-pesan aktual.

6. Message : Data yang dikirimkan oleh pengirim pesan dan informasi yang diterima oleh penerima pesan.

7. Feedback : Proses merespon pesan yang diterima oleh penerima pesan.

8. Medium :Media atau saluran yang digunakan oleh pengirim pesan untuk mengirim pesan.

9. Noise : Gangguan yang terjadi selama proses komunikasi berlangsung. 

Manfaat Mempelajari Model Komunikasi

Model komunikasi ini mempunyai manfaat yang penting dalam komunikasi. Diantaranya adalah:

1. Menjelaskan element element dalam komunikasi

Karena model komunikasi merupakan gambaran proses komunikasi yang ditampilkan dalam bentuk gambar dan garis setiap element dari komunikasi dapat di jelaskan secara visual dan hubungannya dengan element lainnya. Dengan demikian sebuah model komunikasi dapat membantu individu dalam memhami apa sajakah element penting dalam berkomunikasi.

2. Acuan dalam membuat riset dalam komunikasi

Element yang dijelaskan dalam model komunikasi ini dapat pula membantu ilmuan dalm komunikasi memahami proses dasar dalam komunikasi sehingga dapat memahami bentuk dan pola dalam berkomunikasi itu. Pengetahuan mengeanai pola dan acuan dalm proses komunikasi ini dapat digunakan untuk pengembangan riset dalm bidang komunikasi, sehingga dapat meningkatkan ke efektifan dalam berkomunikasi.

3. Memprediksikan kemungkinan sukses ataupun gagalnya sebuah proses komunikasi

Dengan mempelajari model dalam komunikasi seseorang dapat memprediksi apakah komunikasi akan berjalan lancer ataupun terhambat. Kita dapat mengenali cirri ciri komunikasi yang akan berhasil dan yang akan gagal berdasarkan element dalam komunikasinya dan juga kegagalan yang mungkin muncul dalam prosesnya.

Baca Juga3 JENIS MODEL KOMUNIKASI YANG HARUS KAMU KETAHUI !

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah 4 model komunikasi menurut para ahli semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia