5 KISAH INSPIRATIF NADIEM MAKARIM YANG HARUS KAMU KETAHUI !

ycatraining.com – 5 Kisah Inspiratif Nadiem Makarim. Halo semuanya apa kabarnya nih sahabat YCA ? semoga sahabat dalam keadaan sehat selalu dan terus diberikan semangat serta motivasi untuk belajar pengembangan dirinya ya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari ycatraining akan berbagi artikel tentang kisah inspiratif Nadiem Makarim.

Disini siapa yang tidak mengenal Nadiem Makarim ? khususnya bagi para pelajar dan driver gojek, tentu kalian sudah pada mengenalnya ya ? okey disini mimin akan berbagi kisah perjalanan dari salah satu tokoh penting. Oleh karena itu mari kita simak bersama-sama untuk penjelasannya tentang kisah inspiratif Nadiem Makarim berikut ini ya.

PROSES HIDUP NADIEM MAKARIM

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim Pendiri GO-JEK lahir di Singapura, 4 Juli 1984. Ayah bernama Nono Anwar Makarim yang berasal dari Pekalongan yang berprofesi sebagai pengacara dan ibu bernama Atika Algadrie dari Pasuruan yang bekerja di bidang non-profit. Nadiem Makarim memiliki 2 saudara perempuan. Memiliki istri bernama Franka Franklin. Nadiem Makarim mulai bersekolah SD di Jakarta, lalu ia lulus SMA di Singapura, dari Singapura ia lalu meneruskan pendidikannya di jurusan International Relations di Brown University, Amerika Serikat. serta sepanjang satu tahun ia ikuti program foreign exchange di London School of Economics. Beliau juga meneruskan studinya di Harvard Business School, Harvard University serta lulus dengan menyandang gelar MBA (Master Business Of Administration). 

Nadiem Makarim diketahui pernah bekerja di satu perusahaan Mckinsey & Company satu konsultan terkenal di Jakarta serta tiga tahun bekerja di sana. Di ketahui juga beliau pernah bekerja sebagai Co-founder serta Managing Editor di Zalora Indonesia lalu jadi Chief Innovation officer kartuku. Saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin, yang dilantik pada 23 Oktober 2019. Beliau merupakan pendiri GO-JEK, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti SingapuraVietnam, dan Thailand

Membangun GO-JEK

Ide bisnis transportasi GO-JEK sendiri berasal dari pemikiran Nadiem ketika  berdiskusi dengan tukang ojek langganannya. Nadiem Makarim jarang menggunakan mobil karena mobilitasnya yang tinggi, ia lebih sering menggunakan jasa ojek. Berbekal banyak pengalaman sepanjang bekerja, Nadiem Makarim lalu membulatkan tekad untuk berhenti dari pekerjaannya serta membangun perusahaan GO-JEK pada tahun 2011. Nadiem mengatakan niat awal mendirikan Go-Jek lebih kepada keinginan untuk memperbaiki transportasi di Indonesia. Namun, dalam kurun waktu 6 tahun, lulusan magister bisnis administrasi Harvard tersebut mencatatkan dirinya dalam sejarah, yakni sebagai unicorn pertama di Indonesia. 

Penyedia jasa transportasi ojek di Indonesia yang berkembang pesat setelah meluncurkan aplikasi di ponsel pada awal 2015. Nadiem Makarim adalah seorang yang cukup setia menggunakan jasa ojek. Nadiem melihat permasalahan utama tukang ojek adalah waktu tidak produktif yang besar, seperti mangkal dan menunggu penumpang. Saat di pangkalan ojek, pengemudi ojek harus bergiliran dengan pengemudi ojek lainnya. Disisi lain para pengguna ojek, juga merasa malas untuk berjalan mencari pangkalan ojek. Di kota-kota besar, orang lebih suka menggunakan taxi karena lebih mudah dicari. Harapan Nadiem Makarim pendiri GO-JEK adalah, perusahaannya PT. GO-JEK dapat membantu serta melayani seluruh masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada. Dengan mengambil bagian 20% untuk aplikasi Go-JEK dan sisianya 80% adalah bagian pengendara ojek.

Pelajaran yang Didapat dari Nadiem Makarim

Hal pertama setelah mendengar kisah GO-JEK, adalah solusi inovatif dengan menggunakan teknologi. Idenya sangat sederhana hanya mempermudah dengan mempertemukan antara pengemudi ojek dengan calon penumpang. Solusi yang sederhana tersebut ternyata mendapat respons yang positif dari masyarakat dan segera berkembang pesat. Kemudian, Aplikasi GO-JEK berusaha menyadarkan pada masyarakat, ada sebuah solusi atas kebutuhan mereka. Moda transportas ojek sebenarnya dapat menjadi solusi, jika dikelola dengan benar.

Terakhir, GO-JEK membuka lapanngan kerja baru yang padat karya. Banyak orang-orang muda yang awalnya tidak memiliki penghasilan, saat ini dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar dengan menjadi pengemudi GO-JEK.

4 Langkah Nadiem Makarim Ciptakan SDM Unggul Lewat Pendidikan

Mantan CEO GO-JEK ini memiliki cara lain sebelum menyusun rencana program pendidikan Indonesia. Berlatar dari dunia bisnis, Nadiem belajar bak seorang murid  untuk menyesuaikan diri untuk memamahi dunia pendidikan. Dalam rencana 100 hari kerja, dia berencana menemui orang-orang di dunia pendidikan untuk belajar membangun pendidikan Indonesia.

Berikut 4 langkah untuk menciptakan SDM Unggul lewat pendidikan

1.Mengenalkan Konsep Kemerdekaan Belajar

Menurut Nadiem, interpretasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap visi presiden ada dua hal, yaitu merdeka belajar dan guru penggerak. Di perguruan tinggi, mahasiswa diberikan kemerdekaan untuk belajar sesuai kemauannya, kemampuan, dan minat.

2.Mencetak Pemimpin Masa Depan

Memasuki era di mana kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya, agregitasi tidak menjamin mutu, masuk kelas tidak menjamin belajar. Dan ini menjadi tantangan untuk mengubah sistem pendidikan dalam lima tahun ke depan.

3.Tips Tingkatkan Budaya Literasi

Mendikbud merasa perlu adanya perubahan cara pandang bangsa Indonesia dalam membaca. Menurut dia, budaya literasi bukan hanya dilakukan dengan cara-cara konvensional, yaitu melalui buku. Seperti diberikan games.

4.Ingin Menghapus UN

UN merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional di Indonesia. Oleh karena itu, kebijakan tersebut perlu dikaji dan disiapkan secara matang agar tak hanya kebijakan parsial semata. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah merevisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, mengingat UN diatur dalam aturan tersebut.

 

5 Kisah Inspiratif dari Nadiem Makarim

Tak hanya keberhasilannya membangun bisnis digital berskala global. Setidaknya, ada lima hal inspiratif yang bisa kita ambil dari sukses GO-JEK tersebut.

1.Menyelesaikan Masalah Sosial

GO-JEK didirikan untuk memudahkan pengguna jasa transportasi ojek agar lebih cepat dan efisien. Begitupun sebaliknya, membuat para driver mendapatkan order tanpa harus menunggu dan membuang-buang waktu.

2.Membuka Lapangan Pekerjaan

Selain portfolio bisnis yang semakin berkembang, usaha yang dilakukan GO-JEK juga membantu pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran. Sekali lagi, bisnis bukan hanya berbicara soal uang. Tapi bagaimana hasil dari usaha tersebut bermanfaat dan bisa dinikmati oleh banyak pihak secara luas.

3.Fokus dan kerja keras dari sosok Nadiem Makarim

Nadiem Makarim dan GO-JEK-nya, beliau telah berhasil merubah persepsi orang tentang profesi ojek selama ini. Tentu saja, Nadiem harus bekerja keras dan fokus terhadap tujuan tersebut. Tak hanya bisa dinikmati, layanan transportasi digital yang berawal dari keprihatinannya akan kondisi ojek itu, juga memberikan kemudahan bagi penggunanya.

4.Nama Indonesia semakin disegani di percaturan bisnis global

GO-JEK yang berasa dari Indonesia, kini bakal semakin dikenal luas berkat ekspansinya e negara-negara Asia Tenggara. Imbasnya, tentu saja membuka mata dunia internasional akan potensi bisnis digital di Tanah Air. Pada akhrinya, nama Indonesia pun harum dan disegani oleh pelaku bisnis digital secara global.

5.Kreatif dan tak ragu mencoba sesuatu yang baru

keberanian untuk mengambil resiko, sangat diperlukan demi membuka peluang baru. Meski ojek hanya dikenal pada masyarakat Indonesia, nyatanya Nadiem Makarim berhasil menduniakan GO-JEK dengan merambah wilayah global seperti Vietnam dan negara Asia Tenggara lainnnya.

Baca Juga7 TIPS KESUKSESAN JACK MA YANG HARUS KAMU KETAHUI !

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah 5 kisah inspiratif Nadiem Makarim,semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia