4 GAYA KOMUNIKASI ORGANISASI YANG HARUS KAMU KETAHUI !

ycatraining.com – 4 Gaya komunikasi organisasi. Halo semuanya apa kabarnya nih sahabat YCA ? semoga sahabat dalam keadaan sehat selalu dan terus diberikan semangat serta motivasi untuk belajar pengembangan dirinya ya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari ycatraining akan berbagi artikel tentang gaya komunikasi organisasi.

Disini kalian pasti pernah mengikuti organisasi bukan ? tentu kalian sering berkomunikasi dalam organisasi. Okey disini mimin akan berbagi artikel mengenai gaya komunikasi dalam organisasi. Oleh karena itu mari kita simak bersama-sama untuk penjelasannya tentang gaya komunikasi dalam organisasi berikut ini ya.

SEBERAPA PENTING KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI ? SIMAK YUK 

Apasih komunikasi dalam organisasi ? seberapa penting kah dampaknya ?

Organisasi adalah perkumpulan dari beberapa unt sosial yang terdiri dari orang-orang yang memiliki tugas dan pembagian kerja masing-masing dan berkaitan satu sama lain guna mencapai suatu tujuan tertentu. Organisasi sangatlah penting dalam kehidupan manusia dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita bersama. Sedangkan komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok menggunakana atau menciptakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Menurut Arnold dan Feldman (1986) komunikasi organisasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara orang-orang dalam suatu organisasi. Untuk itu komunikasi organisasi sangatlah penting. 

 

4 GAYA KOMUNIKASI ORGANISASI.

Gaya komuniksi didefinisan sebagai seperangkat perilaku antar pribadi yang terspesialisasi yang digunakan dalam suatu situasi tertentu. Dalam komunikasi ada beberpa gaya yang dipakai untuk mendapatkan respon atau tanggapan dalam situasi yang tertentu pula. Diantara gaya -gaya komunikasi organisasi sebagai berikut :

1.Gaya komunikasi mengendalikan (The Controlling Style)

Ditandai dengan adanya satu kehendak atau maksud untuk membatasi, memaksa dan mengatur perilaku dan tanggapan orang lain. Orang yang menggunakan gaya ini lebih memusatkan perhatian kepada pengirim pesan dibandingkan upaya untuk berbagi pesan.

2.Gaya komunikasi dua arah (The Equalitarian Style)

Ditandai dengan mengungkapkan gagasan secara terbuka yang artinya setiap anggota dalam organisasi dapat mengungkapkan gagasan ataupun pendapat dalam suasana yang rileks.

3.Gaya komunikasi berstruktur (The Structuring Style)

Ditandai dengan memanfaatkan pesan-pesan verbal secara tertulis maupun lisan guna memantapkan perintah yang harus dilakukan, penjadwalan tugas dan pekerjaan serta struktur organisasi.

4.Gaya komunikasi dinamis (The Dynamic Style)

Ditandai dengan kecenderungan agresif, karena pengirim pesan atau sender memahami bahwa lingkungan pekerjaanya berorientasi pada tindakan. 

 

HAMBATAN APA SAJA YANG SERING DIHADAPI DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI ?

 

Pada saat organisasi terus berkembang dan mengalami perubahan, akan semakin banyak oranng-orang yang terlibat didalam organisasi tersebut. Dengan berkembangnya organisasi juga mengakibatkan setiap orang berhak memberikan pendapatnya. Akan tetapi pada praktik di lapangan justru pendapat atau komuniksi antara satu dengan yang lain dapat menimbulkan permasalah.

Inilah beberapa hambatan yang terjadi didalam komunikasi organisasi. Diantaranya : 

1.Hambatahn teknis. 

Yang termasuk ke dalam hambatan teknis adalah keterbatasan fasilitas dan peralatan komuniksi. 

2.Hambatan semantik.        

Faktor pemahaman bahasa dan istilah tertentu serta kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi terkadang mempunya arti yang berbeda. 

3.Hambatan manusiawi.

Terjadi karena faktor emosi dan prasangka pribadi, kecakapan atau tidak cakapan, dll. 

 

CARA MENGHADAPI HAMBATAN KOMUNIKASI ORGANISASI ?

Cara menghadapi hambatan komunikasi organisasi menurut Bovee & Thill, sebagai berikut :

1.Memilihara kondiisi komunikasi terbuka

2.Bertekad memegang teguh pada etika komuniksi

3.Memahami kesulitan komunikasi antarbudaya

4.Menggunaka pendekatan komunikasi yang berpusat pada penerima

5.Menggunakan teknologi secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk memperolah dan membagi informasi.

6.Menciptakan dan memproses pesan secara efektif dan efisien. 

 

Baca Juga4 MODEL KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI YANG WAJIB DIKETAHUI !

Akhir Kata

Baik teman-teman yca itulah 5 gaya komunikasai organisasi,semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen kalian yang lainnya ya.

Follow Instagram @ycaindonesia

Kontak : 085600815591